Selasa, 17 November 2020

 Kolaborasi Webinar UAI, Radio KBR dan AJI

     anchor.fm/yuri-alfrin-aladdin

 

JAKARTA – Program Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) bersama radio KBR dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengadakan webinar pada Jumat (30/10/20). Tema yang diusung ialah “Perkembangan Podcast Sebagai Media Baru Bagi Youngser”.

Salah satu narasumber, Citra Diyah Prastusti sebagai pemimpin redaksi radio KBR. Podcast menjadi media alternatif yang muncul dari generasi muda, perlahan lahan media sudah berganti dari media konvensional seperti tv, radio, dll menjadi media digital on demand seperti Youtube, instagram, twitter dan podcast.

Fokus podcast audien di Indonesia masih sebagai pendengar (konsumen) bukan konten creator (produser) dan kebanyakan audien anak muda mulai usia 18 sampai 30 tahun.

“KBR beralih ke podcast sejak 2018. KBR membuat podcast berbasis jurnalisme, karena sudah menjadi tradisi, sebagai jurnalis memiliki prinsip terverifikasi, menjaga akurasi, dan menjaga keberimbangan. Membuat konten yg berguna untuk publik. Jangan membuat konten hoax demi konten yang viral.” Ujar Citra Diyah Prastusti, pemimpin redaksi radio KBR.

Menurut Adi Presetya, Deputy Eidtor in Chief Berita Satu TV “Dunia semakin digital apa lagi di era pandemi tidak ada lagi ketemu orang luar, tidak bisa berintreaksi secara fisik, sekarang cukup bertemu secara digital. Sekarang yang menjadi masalah yaitu tv mau tidak mau harus berubah atau transformasi ke tv digital, analog skip karena frekuensi yang dipakai di industri tv akan dipakai untuk program pemerintah Indonesia.”

Jika dibandungkan media zaman dulu sangat berbeda dengan sekarang dulu hanya satu arah, media sangat ditunggu dan dinanti oleh publik sebagai informasi atau rujukan semua orang, baik kebijakan pemerintah, publik, pengusaha, maupun masyarakat. Sedangkan pada zaman sekarang banyak sekali perbedaan dari sisi konten, sisi bisnis, dan ekosistem.

Sekarang masyarakat tidak mengandalkan media mainstream seperti tv, majalah, koran, radio, dan lainnya sebagai rujukan utama. Sekarang berhadapan dengan pesaing baru. Tantangan sebagai jurnalis atau orang di media dituntut selalu inovasi kepada perkembangan yang baru.

 



#podcast

#webinar



Nilai dalam berita yang tercantum, yaitu:

a)     Aktualitas, sesuai fakta dan sedang menarik perhatian banyak orang

b)    Kedekatan hubungan profesi/tugas pembaca dengan content

c)     Kedekatan hubungan pembaca dengan unsur-unsur yang terlibat dalam content


What  : Kolaborasi Webinar UAI, Radio KBR dan AJI yang bertema “Perkembangan Podcast Sebagai                Media Baru Bagi Youngser”

Who    : Citra Diyah Prastusti dan Adi Presetya

Where : Jakarta via zoom

When  : Jumat (30/10/20)

Why    : Media zaman dulu hanya satu arah, media sangat ditunggu dan dinanti oleh publik. Zaman                     sekarang orang tidak lagi mengandalkan media minstream.Podcast audien di Indonesia masih                  sebagai pendengar (konsumen) bukan konten creator (produser) dan kebanyakan audien anak                  muda mulai usia 18 sampai 30 tahun.

How : Bagi jurnalis atau orang di media dituntut selalu inovasi kepada perkembangan yang baru dan                jika ingin membuat suatu konten yg berguna untuk publik. Jangan membuat konten hoax demi                konten yang viral


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 3. Opini Tingkat Keselamatan, Keamanan dan Pelayanan Pesawat Ilustrasi keamanan pesawat terbang (Sumber foto: safetysign.co.id) Jakarta, 18...